Rabu, 15 Juli 2020

RANGKUMAN MICE

A. DESKRIPSI

    Ditengah gejolak ekonomi gelobal,wisatawan nusantara dan ekonomi kini berperan sebagai penggerak utama pariwisata nasional.Kini daya saing pariwisata Indonesia berada diperingkat 74 dari 139 negara,naik menjadi 7 peringkat dibanding survei sebelumnya  pada tahun 2009.Namun masih tetap tertinggal oleh,Thailand,Malaisya, dang Singapura.Survei  tersebut juga mengemukakan kekuatan dan kelemahan paiwisata nasional.
    Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  yaitu Bapak Sapta Nirwanda mengatakan,bahwa perkembangan pariwisata tahun 2013,wisata internasional yang telah melakukan perjalan dengan tumbuh sebesar 5% dibandingkan tahun sebelumnya.Di kawasan Asia Pasifik merupakan pertumbuhan terbesar,dimana pertumbuhannya mencapai 6% yakni 248 juta orang.Pada tahun 2013 kunjungan wisatawan internasional mencapai 8,8 juta orang,bisa diartikan baru dsekitar 0,008% dari jumlah wisatawan internasional,walaupun peningkatannya hanya diatas rata-rata dunia yakin 9,42%.
    Jika dilihat dari perkiraan  UNWTO  masih banyak tugas Indonesia untuk terus meningkatkan kunjungan wisatawan,mungkin nantinya akan mencapai 1,8 miliar wisatawan yaitu pada tahun 2030 dan 535 juta di kawasan pasifik.


B.Prasyarat

   Mice merupakan mata pelajaran kelompok C2 dan C3 yang bisa dipelajari secara sendiri tanpa  keharusan menyelesaikan materi lainnya.Jika lebih baik siswa itu sudah menyelesaikan materi kepariwisataan dengan begitu ia dapat mempermudah pemahamannya dan mengembangkan kreativitas dalam menjalani MICE.



Pembelajaran 1
produk dan layanan MICE


  Mice merupakan kependekan dari Meeting,Incentive,Convetion,Exhibition.Jika hanya dilihat dari kata perkata saja, mungkin kita akan kesulitan untuk memahami kata tersebut,tapi biasanya MICE sering dikaitkan dengan event atau acara tertentu.

  Ada sebagiaan orang yang mempunyai pendapatnya dan mereka mengatakan dibuku ini,yaitu
Menurut Pendit,MICE dapat diartikan sebagai wisata konvensi dengan adanya batasan:Usaha Jasa Konvensi,Perjalanan Insentif dan pameran.Sedangkan menurut Kesrul,MICE merupakan suatu kegiatan kepariwisataan yang kegiatannya hanya melakukan perpaduan Leisure dan bisnis.

1) Meeting
    Suatu pertemuan atau rapat yang dilakukan oleh sekelompok orang untuk memecahkan suatu masalah atau membicarakan suatu hal yang penting entah itu mengajak kerjasama atau hubungan kemasyarakatan.
a. Jenis Meeting
    Biasanya didatangkan oleh beberapa peserta dan siapa saja yang hadir ,ada berapa jumlahnya.Dalam meeting Pasti memerlukan sejumlah informasi dan yang menyampaikan informasi itu orang yang bertanggung jawab,berkepentingan dan yang bisa berkontribusi dalam meeting  tersebut.Jika pimpinan telah selesai dalam proses komunikasi atau yang biasa saya lihat yaitu presentasi,pastinya peserta diberi kesempatan untuk bertanya tentang hal yang sudah dibicarakan.

2) Incentive
    Kegiatan yang dilakukan oleh suatu perusahaan atau suatu organisasi yang mempunyai tujuan  untuk memberikan apresiasi kepada para rekan kerja yang diadakan diluar kantor dalam bentuk sebuah perjalanan.

3) Conference/konferensi
    Kegiatan yang dilakukan sama halnya meeting yaitu untuk berunding atau bertukar pendapat mengenai suatu masalah yang dihadapai bersama.Contoh-contoh hasil konferensi:
a) Kerjasama ekstradisi koruptor dan pengembalian aset negara.
b) Dua negara Amerika Serikat,kembali ke tanah air setelah sekian lama dihukum penjara di kamp kerja paksa Korea Utara.
c)Hubungan Tingongkok dan Jepang membaik.

4) Convention
    Suatu kumpulan yang dilakukan secara periodik dan dikunjungi oleh beberapa anggota atau delegrasi dari kelompok politik,sosial,proffesional,dan keagamaan.

5) Exhibition/pameran
    kegiatan yang dilakukan untuk menyebarluaskan informasi dan promosi yang berhubungan dengan penyelenggaraan konvensi atau yang ada kaitannya dengan pariwisata,misal:
a) Bazar
b) pameran-pameran
c) perlombaan
d) seminar,dll.


  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar